Alasan Kenapa Pelihara Burung Murai itu Menguntungkan

Alasan Kenapa Pelihara Burung Murai itu Menguntungkan-Burung murai batu merupakan burung kicau yang keberadaannya banyak di temui di seluruh daerah di Indonesia. Bahkan burung ini juga tersebar di daerah asia lainnya seperti di negara malaysia, filipina, Thailand dan sebagainya. Bagi pecinta burung kicau memiliki burung murai batu bisa menjadi kebanggaan tersendiri terlebih jika memiliki sura yang merdu. Burung murai biasanya di ambil dari habitat aslinya yang ada di hutan, namun semakin hari jumlahnya semakin berkurang. Hal itu terjadi karena jumlah burung yang di tangkap dan juga jumlah burung yang di tetaskan tidak seimbang. Karena itu jika tidak ingin burung cantik ini musnah anda bisa pelihara burung murai sekaligus mengembangbiakkannya.
Berikut merupakan beberapa ulasan tentang keuntungan pelihara burung murai yang bisa anda dapatkan. 

1. harga yang menggiurkan 
Permintaan terhadap burung murai batu ini saat semakin banyak saja, padahal di habitat aslinya burung ini jumlahnya semakin sedikit. Bukan hanya karena habitat aslinya yang semakin terganggu oleh kegiatan manusia namun burung ini sendiri saat ini juga banyak diburu oleh manusia. Hal itu menjadikan burung ini memiliki harga yang bisa dikatakan cukup tinggi. Burung murai yang paling banyak diminati yaitu murai medan, untuk burung bakalan saja jika anda ingin pelihara burung murai maka harus membayar paling murah sekitar Rp 1.500.00 sampai Rp 2.500.000 dengan harga itu pun anda masih mendapatkan burung bakalan yang masih belum mau makan voer serta memiliki risiko kematian yang cukup tinggi. 

Semakin bagus indukan yang anda miliki maka harga jualan anakan burung murai pun juga semakin bagus. Bahkan anda bisa menjual satu burung anakan hingga berharga Rp 3.500.000 sampai Rp 5.000.000. Itu hanya harga anakan, anda bisa bayangkan jika anda bisa menjual murai batu yang agak dewasa dan sudah mulai bisa mengeluarkan suara-suara indah. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Namun tentunya pelihara burung murai untuk di ternak harus memiliki kesabaran dan ketelatenan yang lebih. 

2. banyak peminatnya 
Burung murai batu memiliki tampilan fisik yang bagus dengan bulunya yang memiliki perpaduan tiga warna yaitu hitam, oranye dan putih. Tentu saja bukan hanya tampilannya yang menarik namun burung ini juga memiliki suara yang indah. Hal ini tentunya menjadi daya tarik sendiri bagi burung murai batu bagi para pecinta burung kicau. Bagaimana tidak? Burung ini bahkan bisa diikutsertakan dalam kontes kicau burung. Bahkan burung murai ini banyak memenangkan kontes tersebut karena kecerdasannya. Jika anda pelihara burung murai dan melatihnya dengan baik maka dia bisa dengan mudah menirukan suara burung lainnya. 

3. cara merawat yang relatif mudah 
Pelihara burung murai burung tentunya tidak terlalu sulit jika anda sudah mengetahui tekniknya. Perawatan yang harus dilakukan setiap hari hanyalah membersihkan kandang dari kotoran agar terhindar dari penyakit. Anda juga harus mengganti air minumnya setiap hari agar tetap bersih. Selain itu hanya memberi makan voer dengan rutin di tambah extra fooding untuk meningkatkan gizinya. 

Memelihara burung memang menjadi hobby dari sebagian besar orang, namun hal itu juga bisa dikembangkan menjadi sebuah bisnis. Jika anda pandai pelihara burung murai dan nantinya bisa di kembang biakkan maka anda bisa mendapat keuntungan dari menjual anaknya. Mengingat saat ini permintaan terhadap burung murai batu semakin meningkat terlebih setelah piala presiden yang dimenangkan oleh burung murai trah lampung tersebut. permintaan terhadap murai ini membuat semakin sedikitnya burung ini di habitat aslinya. Jika anda tidak ingin burung ini semakin punah maka membuat penangkaran burung murai adalah hal yang tepat.