Cara Memilih Burung Murai untuk Dipelihara

Cara Memilih Burung Murai untuk Dipelihara yang baik dan benar-Popularitas burung murai saat ini semakin melejit di kalangan pecinta burung kicau. Bahkan jika memiliki burung murai batu bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka. Terlebih jika murai batu yang dimiliki memiliki postur tubuh yang indah serta suara yang keras dan merdu. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya tidak bisa di capai dalam waktu yang instan karena butuh kesabaran untuk melatih peliharaan anda tersebut. tak hanya itu, anda juga harus tahu cara memilih burung murai sehingga tidak sampai salah beli. 

Jika anda berniat membeli burung murai, simak beberapa cara memilih burung murai sehingga bisa sesuai dengan yang anda harapkan. 

1. Gerakan Lincah 

Cara memilih burung murai yang layak anda pilih sebenarnya sangat mudah diamati melalui perilakunya. Murai Batu yang bagus umumnya akan bergerak lincah dan jarang diam meski dalam sangkar. Pergerakannya yang lincah juga menandakan bahwa Murai Batu dalam keadaan sehat. Tentu saja burung yang sehat mempunyai performa yang bagus sehingga akan menghasilkan kicauan yang indah. 

2. Mata yang Bulat Dan Besar 

Murai Batu berkualitas bagus juga bisa dilihat melalui matanya yang cenderung bulat dan terlihat lebih besar. Murai yang memiliki tatapan mata tajam menunjukkan kegagahan burung tersebut. meski terlihat memiliki tatapan yang terlihat galak, namun murai seperti inilah malah lebih sering memenangkan perlombaan. 

3. Suaranya Keras 

Seperti yang kita tahu bahwa Murai Batu adalah burung kicau, maka cara memilih burung murai yang bagus yaitu dengan suara kicau yang memukau. Anda bisa memilih burung murai yang memiliki suara keras serta lantang saat berkicau. Jika dirawat dengan baik, diberi pakan yang tepat, dan diberikan latihan yang benar dan sesuai maka bukan hal yang mustahil jika Murai Batu tersebut bisa memenangkan lomba. 

4. Memiliki Leher yang Panjang 

Salah satu cara memilih burung murai adalah memperhatikan Leher burung karena termasuk salah satu bagian tubuh terpenting yang mempengaruhi kualitas burung kicau. Hal itu karena, panjang atau pendeknya leher akan berpengaruh terhadap kualitas kicau Murai Batu. Jika anda ingin burung yang bisa berkicau dengan suara yang lebih panjang maka, pilihlah Murai Batu yang memiliki leher yang panjang pula. 

5. Usianya Masih Muda 

Jika anda menginginkan burung yang berkualitas maka cara memilih burung murai yang harus anda lihat adalah usianya. Pilih murai yang tidak terlalu muda namun juga tidak terlalu tua, karena dengan begitu anda bisa melatihnya sesuai dengan keinginan anda. Dengan cara melatih yang benar maka burung terebut akan sesuai dengan yang anda inginkan. 

6. Tidak dalam kondisi Cacat 

Cara memilih burung murai paling penting dan tidak bisa dibantah dalam memilih burung murai jenis apapun, yaitu kondisi fisik yang sehat atau tidak cacat. Anda harus membeli Murai Batu dengan kondisi fisik yang tidak cacat sehingga tidak akan mengganggu performa nya. Hal tersebut tentunya bisa membuat burung lebih percaya diri dalam berkicau. Selain itu burung juga akan lebih siap diadu dengan lawan-lawannya. 

Beberapa cara memilih burung murai tersebut bisa anda lakukan saat akan membeli burung murai batu. Tentu saja anda bisa menerapkan beberapa cara lainnya yang juga bermanfaat saat akan membeli murai batu. Cara-cara tersebut juga bisa anda lakukan untuk memilih semua jenis muai batu dari trah manapun. Meski yang sedang banyak diminati merupakan murai dari trah medan namun anda juga bisa membeli dari jenis lainnya. Tentunya masing-masing burung tersebut memiliki ciri khas nya sendiri.