Cara Merawat Burung Kenari Untuk Pemula

Cara Merawat Burung Kenari Untuk Pemula-halo sahabat kicau burung pada kali ini admin akan berbagi cara mudah merawat burung kenari bagi pemula.Burung kenari kini sangat populer di kalangan masyarakat, baik untuk dipelihara sendiri di rumah ataupun diternak. Terdapat pula segelintir orang atau pemula yang hanya ikut-ikutan memeliharanya untuk mengisi waktu luang saja. Hal tersebut sah-sah saja, namun yang perlu diperhatikan adalah mengenai bagaimana cara merawat burung kenari untuk pemula itu sendiri? Jika Anda merasa belum tahu, yuk simak ulasan berikut ini. 

Cara Merawat Burung Kenari Untuk Pemula 

Berikut ini adalah Cara Merawat Burung Kenari Untuk Pemula, antara lain : 

1. Jauhkan dari sinar matahari langsung 
Cara Merawat Burung Kenari Untuk Pemula yang pertama adalah dengan selalu menjauhkannya dari sinar matahari langsung, apalagi jika cuaca sangat terik. Jika dibiarkan, maka bisa mengakibatkan hal yang fatal seperti serangan heat stroke atau bahkan kematian. Tentunya Anda tidak menginginkannya bukan? 

2. Pastikan mendapatkan air bersih 
Hal kedua dalam Cara Merawat Burung Kenari Untuk Pemula adalah pastikan bahwa burung kenari selalu mendapatkan air bersih yang cukup. Burung jenis ini tidak bisa hidup tanpa air lebih dari 24 jam, maka dari itu berikan air bersih yang cukup serta menggantinya setiap hari agar kualitas air tetap terjaga. Jangan sampai kenari kekurangan air yang bisa menyebabkan hal fatal lainnya. 

3. Beri pakan biji-bijian 
Setiap mahluk hidup membutuhkan makanan, sama halnya dengan burung kenari yang membutuhkan biji-bijian untuk mencukupi kebutuhan perutnya. Pakan biji-bijian yang cocok untuk burung kenari ialah seperti Canary seed, millet, niger seed ataupun campuran ketiganya. Anda bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan kenari tersebut. 

4. Beri pakan tambahan 
Selain diberi makanan biji-bijian, burung kenari juga bisa diberi makanan tambahan lainnya seperti egg food dan sayuran hijau. Sayuran hijau yang baik dan disarankan untuk burung kenari adalah wortel, krokot, brokoli, kemangi, sawi dan lain sebagainya. Makanan tersebut memberikan asupan protein tambahan yang sangat baik untuk kesehatan burung kenari itu sendiri. 

5. Letakkan di sangkar yang bersih 
Selain membutuhkan air yang bersih, burung kenari juga harus diletakkan di sangkar yang bersih. Hal tersebut dilakukan agar kondisi burung kenari selalu sehat dan terhindar dari penyakit. Jangan lupa pula untuk selalu membersihkan kotoran burung kenari, mengganti wadah pakan dan juga air minum yang harus selalu diganti setiap hari. Tidak hanya itu, tenggeran burung pun harus dibersihkan menggunakan sikat gigi agar tidak terkontaminasi bakteri dan virus berbahaya dari kotoran yang menempel disana. 

6. Beri multivitamin dan suplemen kesehatan 
Tidak hanya manusia yang membutuhkan vitamin, langkah keenam dalam Cara Merawat Burung Kenari Untuk Pemula adalah dengan memberikannya multivitamin dan suplemen kesehatan. Anda bisa memberikan burung kenari produk-produk vitamin untuk mencukupi kebutuhannya seperti BirdVit atau yang lainnya. 

7. Beri mineral secukupnya 
Setelah diberi pakan biji-bijian, makanan tambahan dan juga multivitamin, burung kenari juga perlu diberikan mineral yang cukup. Mineral sangat dibutuhkan burung seperti halnya zat besi, kalsium, kalium, fosfor dan lain sebagainya agar tidak mengalami defisiensi mineral. Sebagian besar peternak atau pemelihara burung kenari menggunakan tulang sotong sebagai asupan mineral. Lantas bagaimana dengan Anda? 

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat Burung Kenari Untuk Pemula yang bisa Anda terapkan. Semoga ulasan tersebut bermanfaat dan burung kesayangan Anda bisa terpelihara dengan baik dan benar, serta bisa cepat gacor. So, selamat mencoba!